Breaking News

Bencana Hidrometeorologi, Banjir Bandang Melanda Wilayah desa Sumber Brantas Kec. Bumiaji Kota Batu, 11 Orang Dalam Pencarian

Reporter: Oky Yudi

Surabaya | Gerbang Indonesia – Tepat sore hari (4/11), banjir bandang menerjang kecamatan Bumiaji Kota Batu, Malang – Jawa Timur.

Informasi laporan dari warga sekitar Banjir Bandang dari curah hujan intensitas tinggi ini membawa lumpur berwarna pekat dan melintasi pemukiman di beberapa desa.

Ada 5 desa yang terdampak paling parah diantaranya desa Sumber Brantas, desa Bulu Kerto, desa Tulung Rejo, desa Padang Rejo dan desa Sidomulyo.

Baca juga:  Air Hujan Itu Bisa Menstimulasi Kemampuan Motorik Anak, Inilah Penyebabnya

Sementara Dampak ( Berdasarkan Laporan BPBD Provinsi Jatim ) menunggu Asesmen dari BPBD Provinsi Jawa Timur.

Analisis Cuaca Sementara Terdapat daerah pertemuan Angin ( Konvergensi ) di wilayah Jawa timur yang mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan Konvektif.

Indeks ENSO di NINO3.4:-0.08(normal 0.5) juga berpengaruh signifikan terhadap peningkatan curah hujan di Indonesia.

Gelombang Rossby Ekuatorial terpantau aktif di Jawa Timur,suhu muka laut cukup hangat (+1.0 s/d +3.0°c) yang mengakibatkan peningkatan penguapan atau penambahan massa uap air, Berdasarkan Citra Satelit Cuaca terdapat pertumbuhan awan Konvektif di wilayah Kota Batu, kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga malam hari, Prakirawan – BMKG Surabaya.

Baca juga:  Jerat Hukum Bagi Sopir Ugal-ugalan Berujung Maut

Informasi sementara hingga berita ini diterbitkan terdata 15 orang diperkirakan hanyut, 4 ditemukan selamat ,dan 11 orang masih dalam pencarian oleh Tim.

Hingga kini Tim Gabungan beserta para Relawan melakukan upaya Kaji Cepat, Evakuasi korban dan pembersihan meterial Banjir Bandang

Ditambahkan ” untuk saat ini Bantuan paling darurat dibutuhkan diantaranya” Makanan siap Santap ,Air minum, Perlengkapan kebutuhan Bayi,Tenda dan Selimut, Bantuan Medis obat – obatan juga logistik lainya

Baca juga:  Mengajak Untuk Saling Bahu-membahu Bedah Rumah Bapak Simeoni Hulu Warga Desa Anaoma  Kec. Alasa Kab. Nias Utara

Bantuan Donasi dapat disalurkan Sbb :

  • BCA # 6760801222
  • MANDIRI # 1270007669623
  • a/n Aksi Cepat Tanggap
  • Sertakan kode unik 33 di akhir donasi, contoh ; 100.033 ,-

Atau klik: Donasi

Kordinasi UPT yang telah dilakukan dengan BPBD Provinsi Jatim, Forecaster On Duty, Stasiun Meteorologi Juanda Sidoarjo.(Kik)

Check Also

Pengendara Motor Meninggal Dunia Tertimpa Pohon Tumbang di Kabupaten Manggarai

Reporter: Robert M Manggarai | Gerbang Indonesia – Pada Hari ini Selasa Tanggal 11 Januari …