Breaking News

Bupati Barru Hadiri Acara Mappalili di Desa Ajakkang

Reporter: Andri

Barru | Gerbang Indonesia – “Alhamdulillah hari ini kita hadir dalam rangka syukuran Mappalili, mudah-mudahan kedepan hasil panen kita bagus sehingga kita bisa kembali berkumpul dalam rangka syukuran hasil panen, ” ucap Bupati Barru H. Suardi Saleh saat menghadiri acara syukuran Mappalili tingkat Kec. Soppeng Riaja MT Tahun 2021/2022 yang digelar di Desa Ajakkang Kec. Soppeng Riaja Kab. Barru, Senin (03/01/2021).

Kegiatan yang di inisiasi oleh KTNA Soppeng Riaja bekerjasama dengan pihak Pemerintah Kecamatan Soppeng Ruaja dengan mengangkat tema “Dengan Kerja Keras dan Semangat Kebersamaan yang Dilandasi Kemandirian Kita Lanjutkan Pembangunan Pertanian yang Lebih Maju”.

Baca juga:  Bupati Barru Hadiri Acara Peringatan Hari Ibu "Bupati Barru Sampaikan Pesan Ini"

Ketua panitia Salhan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud menghargai nilai-nilai luhur tradisi yang sudah membudaya dikalangan masyarakat Kecamatan Soppeng Riaja dan juga mengatur sistem pertanian dengan menggabungkan pola tradisional pertanian dengan sistem technologi tepat guna demi meningkatkan hasil dan kwalitas pertanian.

kegiatan ini diawali dengan acara ziara kubur yang dilaksanakan di tampung lebba’e lingkungan kiru-kiru dan dilanjutkan dengan kegiatan ” Manre Sipulung ” dimana pada acara ini merupakan bentuk penghargaan kepada tokoh atau pemimpin yang pertama membawa benih padi atau Sanghiyang seri untuk dikembangkan di Kecamatan Soppeng Riaja pada umumnya, Manre Sipulung ini merupakan azas kebersamaan dalam melaksanakan suatu kegiatan yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi (ritual ) Mappalili atau turun sawah.

Baca juga:  Bupati Barru Segera Benahi Jembatan Dusun Menrong Tanete Riaja

Bupati Barru juga pada kesempatan itu menyampaikan bahwa untuk meningkatkan produktifitas pertanian, kita akan terus berupaya mendukung baik itu berupa alat kultifator maupun pengadaan benih.

Hadir pada kegiatan ini, Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi Nasdem drg. Hj. Hasnah Syam, Kepala Bappeda, Kepala DPM PTSP, Kepala Bagian Protokol, Kepala Bagian Pembangunan, dan Camat Soppeng Riaja. (Andri)

Check Also

Bupati Pemalang Membuka Acara Tasyakuran Dan Pentas Kesenian di Pendopo

Reporter: Eko B Art Pemalang | Gerbang Indonesia – Bupati Pemalang membuka acara Tasyakuran dan …