Breaking News

Hadapi Musim Penghujan, TAR Jokowi Depok Meminta Kementerian PUPR Bentuk Tim Pengawasan Khusus Bidang SDA Kota Depok

Reporter: Arief

Depok | Gerbang Indonesia – Menghadapi musim penghujan pada masa akhir tahun 2021 ini, tentunya drainase/saluran air menjadi faktor utama dalam menyuplai titik – titik penyebab terjadinya banjir musiman. Seperti yang terjadi wilayah Kota Depok beberapa waktu lalu pada wilayah: Sawangan, Tapos dan jalan Arief Rahman Hakim wilayah jantungnya Kota Depok.

Selaku aktivis pemerhati lingkungan hidup, Tim Akar Rumput Jokowi Kota Depok meminta kepada Dinas PUPR Kota Depok Bidang Sumber Daya Air (SDA), untuk tidak menganggap remeh pada masa musim penghujan diakhir tahun yang berpotensi mengakibatkan terjadinya kerugian yang membahayakan masyarakat tersebut.

“Dinas PUPR Bidang SDA mestinya punya konsep dalam menangani permasalahan banjir musiman pada setiap masa akhir tahun, dan dengan jeda yang panjang menuju musim penghujan akhir tahun, harusnya bagi PUPR Bidang SDA dijadikan momen masa pembenahan drainase. Jadi, secara bertahap banjir musiman bisa diminimalisir”, ucap Suryadi Bhoges, Sabtu 20/11/2021.

Baca juga:  Sejumlah Rumah Warga Pandeglang Rusak Akibat Gempa 6,6 M

“Lagi – lagi kami imbau kepada Dinas PUPR Bidang SDA, untuk segera membuatkan ‘Grand Design’ tata ruang drainase per wilayah Kelurahan, agar pembenahan drainasenya benar – benar terkonsep dan terarah. Apa artinya kalau pembangunan dibuat tanpa memikirkan efek sampingnya, yang ada hanya buang – buang anggaran saja”, ungkap Bhoges.

Adanya keterlibatan pihak Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat sebagai pemangku kebijakan pada titik – titik ruas jalan protokol, Sungai, serta area Situ/Danau di Kota Depok, mestinya dimanfaatkan dengan baik oleh Dinas PUPR Bidang SDA dalam mengatur konsep tata ruang drainase.

Baca juga:  Sambut Hari Menanam Pohon se-Dunia, TAR Jokowi Kota Depok Persiapkan Acara Penyambutan Menteri LHK Untuk Menanam Pohon di Depok

“Tim Akar Rumput Jokowi Kota Depok meminta kepada pihak Kementerian PUPR, untuk segera membuat satuan pengawasan khusus, yang berfungsi memberikan pengawasan secara intensif atas kinerja Dinas PUPR Kota Depok Bidang SDA, berikut pengawasan serapan anggaran yang digunakannya, agar pada laporan pertanggungjawaban (LPJ) yang dibuat nantinya, bukan hanya ada diatas kertas semata, dan tidak berefek apapun pada lingkungan tempat tinggal masyarakat yang mengkhawatirkan”, sambung Bhoges.

“Pihak Kementerian PUPR sangat perlu hadir dan turun tangan langsung pada proses pembangunan infrastruktur terutama drainase di Kota Depok, karena Depok adalah faktor vital daerah wilayah penyanggah Ibukota yang berkontribusi besar pada kelangsungan kondusifitas area Ibukota”, tambahnya.

Baca juga:  Sosok Anggota DPRD Kota Kupang Ini, Lakukan Hal Luar Biasa disaat Reses

Tim Akar Rumput Jokowi Kota Depok menilai, Dinas PUPR Bidang SDA Kota Depok mestinya di isi oleh orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan mampu bersikap humanis terhadap kritik serta saran yang ditujukkan kepadanya. Kemudian dalam hal penanganan banjir musiman, Walikota Depok wajib menyeleksi kembali jajarannya yang ditempatkan pada divisi SDA, agar permasalahan – permasalahan terkait banjir musiman bisa segera teratasi.

“Jajaran PUPR Bidang SDA wajib di isi oleh orang – orang muda yang kreatif, inovatif, dan inspiratif mestinya, agar mampu menciptakan ‘win – win solution’ pada setiap penanganan permasalahan krusial yang ada dilingkungan masyarakat. Pak Walikota harus segera mereshuffle jajaran Dinas PUPR Bidang SDA, untuk bisa menyelesaikan permasalahan krusial tentang banjir musiman yang tak kunjung usai”, pungkas Bhoges.(Ar)

Check Also

Video Ceramahnya Viral, Ini Profil Penghulu Asal Malang KH Anas Fauzie

Video Ceramahnya Viral, Ini Profil Penghulu Asal Malang KH Anas Fauzie

gerbangindonesia.com Sebuah video yang diunggah seorang kepala sekolah memberikan ceramah pernikahan menjadi viral di media …