Breaking News

Penetapan Dan Peresmian Serentak Anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan Masa Bakti 2021-2024

Reporter: Sugeng. P

Jakarta | Gerbang Indonesia – Dalam rangka menjalankan amanat UU Nomor 29 tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta sebagai ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia serta diperkuat dengan Perda No.5 Tahun 2010 tentang Lembaga Musyawarah Kelurahan atau yang disingkat LMK, Wilayah Kecamatan Kemayoran melaksanakan Penetapan dan peresmian anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan ( LMK ) secara Virtual atau Daring pada masa Pandemi Covid 19 ini diwilayah Kelurahan masing-masing.

Foto: Walikota  Jakarta Pusat Dhany Sukma dalam memberi Arahan kepada Anggota LMK
Foto: Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma dalam memberi Arahan kepada Anggota LMK

Acara pelaksanaan serentak yang dilakukan secara Virtual di kantor Kecamatan ini dipimpin langsung oleh Camat Kemayoran Asep Mulyaman pada tanggal 22 Desember 2021 yang berlangsung dari pukul 9.00 sampai dengan pukul 10.30 Wib ini berjalan dengan menerapkan protocol kesehatan secara ketat, dengan teknis pelaksanaan melalui perwakilan setiap dua Anggota LMK masing-masing Kelurahan yang dihadirkan pada tingkat Kecamatan.

Setelah selesai acara serentak Penetapan Lembaga Musyawarah Kelurahan ( LMK ) Kota Administrasi Jakarta Pusat Masa Bakti Periode Tahun 2021-2024 yang membawahi Delapan Wilayah Kecamatan, Dhany Sukma selaku Walikota Jakarta Pusat memberikan arahan, agar anggota LMK dapat menjalankan tiga fungsi utama sesuai UU Nomor 29 Tahun 2007, yaitu: “ pertama mengakomodir aspirasi masyarakat ,kedua meningkatkan partisipasi masyarakat, dan ketiga pemberdayaan masyarakat didalam lingkup kelurahan. Karena fungsi tersebut dijalankan dalam rangka penyelenggaraan pemerintah daerah‘. Ulas nya.

Baca juga:  Hamar (Ketua DPW GEMA-MA Sulbar), Apresiasi Munas VI dan Terpilihnya Kembali Ahmad Nawawi

Dalam arahan selanjutnya Walikota yang juga didampingi oleh Asisten Pemerintahan Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany, menambahkan agar LMK juga harus menjaga netralitas agar bisa mencari titik temu jika terjadi gesekan dimasyarakat melalui jalan musyawarah. Harapannya, “ LMK mampu menjadi mediator atau fasilatator dalam membangun Konsensus bersama agar kelurahan lebih kondusif “. Tegasnya.

Baca juga:  Refleksi DPR dan MPR Tahun 2021

Diantara salah satu Kelurahan yang disambangi wartawan Gerbang Indonesia yaitu di Aula Kantor Kelurahan Utan panjang Sementara Lantai Dua Jalan kali Baru Timur VI Gg.15 Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat, setelah acara virtual secara keseluruhan selesai maka dilanjutkan dengan acara silaturahmi lepas sambut antara anggota LMK periode sebelumnya dengan anggota LMK yang baru dilantik, acara yang dipimpin langsung oleh Lurah Utan Panjang Amadeo dan juga didampingi oleh Sekretaris Lurah Nino Ardiansyah berlangsung dengan penuh kekeluargaan.

Keterangan foto: Acara Penetapan dan Peresmian salah satu Anggota LMK di wilayah Kelurahan Utan Panjang
Keterangan foto: Acara Penetapan dan Peresmian salah satu Anggota LMK di wilayah Kelurahan Utan Panjang

Di awal sambutannya bapak Amadeo sebagai Lurah Utan bersyukur dengan pelaksanaan pemilihan anggota LMK di semua wilayah Rukun Warga ( RW ) dilingkungan kelurahan Utan Panjang yang membawahi Sepuluh Wilayah RW, berjalan dengan lancar dan kondusif tanpa ada kegaduhan yang berarti. Dengan menyebut masyarakatnya yang berjiwa besar dengan sikap legowo sesuai aturan yang berlaku seperti persyaratan maksimal dua periode.

Baca juga:  Siwi Widi, Pramugari Garuda yang Diduga duga Terlibat Kasus Suap

Dalam pesannya secara implisit beliau berharap, “ semoga para anggota LMK yang baru dapat bekerja sama dengan baik dan bekerja lebih baik lagi serta kepada anggota yang lama diharapkan mau untuk tetap membimbing kepada anggota LMK yang baru“. Ujarnya.
Pada kesempatan yang sama ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan periode sebelumnya yaitu bapak Muhammad Saiful juga memberikan kata sambutan dengan memotivasi agar dapat bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya, “ Kita sebagai anggota LMK harus menjaga Lurah, jangan Lurah yang menjaga kita anggota LMK, karena kita LMK sebagai mitra Lurah yang harus membantu tugas Lurah dalam menjalankan Program Pemerintah“. Pintanya. (sugeng P)

Check Also

Informasi Terkait JHT Terbaru

Informasi Terkait JHT Terbaru

Gerbangindonesia.com PERATURAN MENTERI Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan …