Breaking News

Perolehan Cakupan Target Vaksinasi di Wilayah Tiga Desa dan Satu Kelurahan di Kecamatan Comal

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia – Sukseskan Vaksinasi 70% di Kabupaten Pemalang, itulah kalimat yang tertulis di Beranda Sosial Media Facebook Pemerintah Kabupaten Pemalang pada tanggal 19 November 2021.

Tentunya sebagai Kepala Desa dan segenap unsur Pemerintah Desa dan juga Pemerintahan Kelurahan yang ada diseluruh Daerah Kabupaten Pemalang, dengan adanya kalimat tersebut menjadi dorongan Motivasi serius untuk perolehan cakupan target Vaksin bagi Warga dalam Pemerintahan Desa dan Kelurahannya.

Kami dari media Gerbang Indonesia melakukan wawancara secara maraton untuk mengklarifikasi perolehan cakupan Vaksinasi meminta informasi data aktual dititik tiga Desa dan satu Kelurahan di wilayah Kecamatan Comal (jumat 03 November 2021).

Secara khusus wawancara kami untuk klarifikasi perolehan vaksin di titik tiga Desa dan satu Kelurahan tersebut, dengan meminta perolehan target cakupan Vaksinasi pada periode minggu pertama di bulan Desember.

Tiga Desa dan satu Kelurahan tersebut adalah:
1. Desa Sidorejo.
2. Desa Pecangkan.
3. Desa Gedeg.
4. Kelurahan Purwoharjo.

Wawancara tersebut kami awali dari Desa sidorejo, awak media Gerbang Indonesia menemui Bapak H Slamet Selaku Kepala Desa Sidorejo, Jum’at 03 Desember 2021.

Foto: Kepala Desa Sidorejo Bapak H Slamet
Foto: Kepala Desa Sidorejo Bapak H Slamet

Beliau memberikan klarifikasi sebagai berikut, “Sebelumnya di Desa Sidorejo sampai pada minggu ketiga di bulan November baru mencapai cakupan vaksin 64% saja, namun menyisakan satu minggu diakhir bula November dengan melaksanakan vaksin pada satu kali diakhir minggu Bulan November pencapaian aktual data Vaksinasi di Desa Sidorejo sekarang sudah diangka 70% lebih.

Hasil 70% lebih tersebut tentu tidak lepas dari upaya bersama sama secara
kompak, solid dengan semua steakholder, di mulai dari peran Babinkamtibmas yang selalu Woro-woro kepada Warga kami, selanjutnya dari seluruh unsur Pemdes juga melakukan publikasi dengan pengeras suara berkeliling jalan menggunakan mobil siaga, tidak lupa juga penyampaian sesering mungkin dalam kegiatan kegiatan masyarakat desa pada acara acara keagamaan ditingkat Desa, lebih khusus pada saat acara vaksin dilaksanakan, saya perintahkan kepada Perangkat Desa untuk melakukan penjemputan pada Warga Desa yang akan melakukan vaksin. Dengan demikian pola sosialiasi yang kami lakukan agar menyamakan persepsi dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang, untuk mensukseskan Vaksinasi 70%. Pungkas pak Kades H Slamet.

Pada sesi wawancara yang kedua, kami dari media Gerbang Indonesia menemui Bapak Sumarto selaku kepala Desa Gedeg Kecamatan Comal, kami meminta keterangan informasi dan klarifikasi perolehan cakupan Vaksinasi di Desa tersebut (Jumat 03 November 2021).

Foto: Kepala Desa Gedeg Bapak Sumarto
Foto: Kepala Desa Gedeg Bapak Sumarto

Beliau menerangkan bahwa perolehan cakupan vaksin di Desanya sampai dengan minggu pertama bulan Desember sudah mendapatkan perolehan cakupan vaksin untuk Warga Desanya sudah sebanyak 73,9%, dan pada saat ini ada giat vaksin di Desa, animo dan antusias dari Warga cukup bagus, sekalipun ada beberapa Warga yang notabennya dengan penyakit bawaan/penyerta namun tetap hadir dalam kegiatan vaksin di Desa kami, ya tentunya keputusan untuk dilakukan vaksin yang menentukan dari pihak Nakes, dengan dilakukan pemeriksaan klinis terlebih dahulu sebelum dilaksanakannya vaksin, kalaupun nanti tidak bisa mendapatkan vaksin atau tidak, itu artinya Warga Desa kami sudah melaksanakan dan mendukung program vaksin yang sedang berjalan.

Kami dari seluruh unsur Pemdes melaksanakan pola sosial lewat door to door lebih awal sebelum kegiatan vaksin dilaksanakan, dan juga kami melibat tokoh masyarakat dan tokoh Agama dalam publikasi kegiatan Vaksinasi, dengan mengumumkan kegiatan tersebut lewat pengeras suara di Mushola/Masjid di Desa kami, dan kami juga memberikan informasi pakai mikrofon pengeras suara keliling ke setiap gang-gang jalan Desa kami.

Dan pada saat hari pelaksanaan vaksin apabila ada Warga yang sudah mendapat informasi dari perangkat Desa tapi tidak mau datang/tidak terlihat hadir dalam acara kegiatan vaksin, saya kembali datangi barangkali bisa membangun motivasi untuk mau datang ke acara kegiatan vaksin di Balai Desa. Dan selanjutnya untuk sisa Warga kami yang belum tervaksin karena alasan yang beragam, dalam bulan-bulan ini akan digalakkan program Sisambar (vaksinasi sambangi warga), harapan kami bila program itu berlangsung bisa mecapai cakupan target vaksin yang lebih maksimal dan optimal di Desa kami, sementara itu dulu Mas, Informasi vaksin yang bisa saya sampaikan, Pungkas Pak Sumarto dalam wawancara singkat ini.

Selanjutnya kami dari media Gerbang Indonesia bergerak ke wilayah Selatan menuju Desa Pecangakan Kecamatan Comal. Adalah Bapak Dwi Susanto selaku kepala Desa Pecangakan.

Foto: Bapa Dwi Susanto Kepala Desa Pecangakan
Foto: Bapa Dwi Susanto Kepala Desa Pecangakan

Beliau memaparkan bahwa perolehan cakupan Vaksinasi Desa Pecangakan pada awal minggu pertama bulan Desember sudah mencapai angka 66%, data tersebut adalah data terlapor berdasarkan kegiatan yang di lakukan oleh Ibu-ibu Kader PKK dan Kader Kesehatan Desa selama Program Vaksinasi ini bergulir.

Pada intinya kita sudah diangka cakupan vaksin 66%, dan mungkin akan bisa bertambah, karena kemarin juga ada kegiatan vaksin yang di luar Desa Pecangakan, dan banyak juga Warga Desa Pecangkan yang melaksanakan vaksin di tempat tersebut.

Cakupan perolehan vaksin masih bisa terus bertambah, dengan menunggu hasil pendataan di bulan ini dengan keliling lagi kemasyarakat Desa untuk validasi datanya, bisa dimungkinkan sudah sampai cakupan 70% dari penduduk yang sudah tervaksin.

Informasi kami bangun dan selanjutnya kita bergerak semua, dengan melibatkan seluruh elemen Warga Desa, semua bergerak termasuk RT/RW untuk menyamakan persepsi dengan Pemerintah Kabupaten “Sukseskan Vaksinasi 70% Kabupaten Pemalang”.

Dengan melihat perolehan cakupan sampai akhir bulan November ini, Insyaallah Desa kami akan berupaya maksimal menambah perolehan cakupan vaksin untuk hasil yang terbaik, tentunya kita sebagai Warga Negara yang baik harus ikut mensukseskan program nasional vaksinasi ini, dengan harapan mereka agar terhindar dari penyakit dan terbentuk kekebalan tubuh dan imun yang kuat, apalagi informasi baru-baru sekarang ini di Eropa sudah ada varian-varian baru dari Covid 19 yang sudah muncul, mudah mudahan dengan vaksin ini, bisa menghambat laju penyebarannya, jangan sampai masuk Indonesia. Tetap semangat jangan lupa Vaksin. Pungkas Pak Kades Dwi Susanto.

Selanjutnya kami melanjutkan sesi wawancara ke daerah wilayah tengah tepatnya di Kelurahan Purwoharjo. Dari media Gerbang Indonesia kami menemui Bapak Makmur selaku Lurah Purwoharjo (jumat 03 Desember 2021).

Foto: Bapak Makmur, Lurah Purwoharjo
Foto: Bapak Makmur, Lurah Purwoharjo

Beliau menerangkan bahwa perolehan akumulasi persentase Desa purwoharjo sampai dengan awal minggu pertama bulan Desember sudah mencapai cakupan target vaksin pada hitungan angka 47,27%, hari ini pada Jumat tanggal 03 Desember masih pelaksanaan vaksin di Balai Desa ini.

Selanjutnya kalau kami melaksanakan pendataan ke rumah-rumah mungkin hasilnya akan lebih dari 60%, dan untuk pendataan validasi data ini tinggal menunggu referensi dan delegasi dari pihak Pemerintah Kecamatan Comal, sebab wilayah Purwoharjo ini adalah Kelurahan jadi tidak ada Pamong. Namun demikian untuk sampai di akhir tahun 2021 di bulan Desember ini Kelurahan Purwoharjo optimis untuk mendapatkan perolehan sampai dengan 70% cakupan target vaksin.

Pesan saya kepada Masyarakat Purwoharjo, bagi warga yang belum tervaksin upayakan agar bisa menghadiri undangan kegiatan vaksin, tetap saling memberi semangat untuk menghadiri kegiatan vaksinasi, demi kesehatan bersama. Pungka Pak Lurah Makmur dalam wawancara singkat dengan kami Media Gerbang Indonesia.

Kelurahan Purwoharjo sekalipun persentase perolehan angkanya masih relative belum menyamai target Pemda Kabupaten, tapi secara khusus perolehan layanan Vaksinasinya terhitung yang paling banyak dari dari Desa-desa sekitaran Kecamatan Comal, dengan jumlah Penduduk Purwoharjo yang sangat banyak menjadi upaya serius bersama untuk tercapainya target Vaksinasi di Kelurahan Purwoharjo ini. (Eko B Art)

About GI

Check Also

WWW Xnxubd 2021 Nvidia Drivers Video Bokeh Full Update 2022

update WWW Xnxubd 2021 Nvidia Drivers Video Bokeh Full Update 2022

gerbangindonesia.com– update WWW Xnxubd 2021 Nvidia Drivers Video Bokeh Full Update 2022. Dibawah ini adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.