Breaking News

Perolehan Cakupan Vaksinasi Beberapa Desa di Kabupaten Pemalang pada Minggu Ketiga Bulan Desember

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia – Perolehan Cakupan Vaksinasi dibeberapa Desa di Daerah Kabupaten Pemalang diwilayah timur menunjukan Progres yang cukup signifikan. Tiga Desa ini mampu mendulang perolehan Cakupan Vaksinasi untuk menyamakan target Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang, (#Sukseskan Vaksinasi 70% Kabupaten Pemalang).

Ketiga Desa tersebut adalah:

1. Desa Gintung Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang.
2. Desa Babakan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.
3. Desa Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang.

Kami dari Media Gerbang Indonesia menemui tiga Kepala Desa tersebut secara maraton untuk meminta Konfirmasi hasil Perolehan Cakupan Vaksinasi yang menyisakan waktu kurang lebih dua minggu menuju akhir tahun 2021. Adalah Bapak Wahyu Nurdadi selaku Kepala Desa Gintung Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang, 13 Desember 2021.

Foto: Bapak Wahyu Nurdadi selaku Kepala Desa Gintung Kecamatan Comal
Foto: Bapak Wahyu Nurdadi selaku Kepala Desa Gintung Kecamatan Comal

Beliau memaparkan perolehan cakupan vaksinasi di Desanya, sebagai berikut:

” Total Penduduk untuk warga masyarakat Desa Gintung dengan jumlah penduduk 3644 jiwa, dan untuk jumlah penduduk wajib vaksin untuk usia 12 sampai 60 tahun ada 2514 jiwa, sedangkan jumlah penduduk yang sudah tervaksin sekitar 1757 jiwa, dan yang belum tervaksin sekitar 757 jiwa. Itu artinya perolehan cakupan Vaksinasi di Desa Gintung sudah mencapai angka persentase target vaksin 69.88%. Data validasi tersebut kami salin dari pencatatan data masuk melalui petugas RT yang langsung bergerak mendatangi rumah-rumah warga Desa Gintung dengan cara pendataan setiap lingkungan RT itu ada satu petugas kader penggerak Desa yang melakukan pencatatan secara langsung dilapangan, dan kebetulan jumlah lingkungan RT di Desa Gintung ada tujuh belas wilayah RT.

Secara khusus Pola sosialisasi informasi pada saat akan diadakanya kegiatan Vaksinasi, kami dari Pemdes Gintung bekerjasama dengan kader penggerak Desa dan juga para ketua RT, intinya dari semua penggerak dan Para RT yang melaksanakan upaya sosialisasi perihal kegiatan vaksin, kami berikan dana untuk kelancaran proses sosialisasi di lapangan, bagaimanapun kita dari pihak Pemdes harus menghargai kepada petugas petugas kader Desa yang melakukan sosialisasi Vaksinasi ini

Baca juga:  Diduga tanpa izin Medis, Oknum Perawat Feberius Halawa lakukan Malpraktek Bedah

Keberhasilan Target Vaksinisasi ini adalah merupakan tugas dan tanggung jawab dari Pemerintah yang wajib dilaksanakan oleh semua Pemdes. Dan dari sisa jumlah warga Desa Gintung yang belum tervaksin, secepatnya akan ada penyelengaraan kegiatan Vaksinasi door to door langsung mendatangi setiap warga, namanya program SiSambAr ( Vaksinasi Sambangi Warga).

Pesan saya dari Pemdes, mari secepatnya kita dukung program target percepatan pencapaian Vaksinasi ini, masyarakat tidak usah takut dengan pemberitaan hoak yang tidak benar tentang vaksin. Terus yang kedua apabila warga Desa Gintung yang punya kendala dengan penyakit penyerta/bawaan, datang saja ke geray kegiatan Vaksinasi dimanapun bisa, dan nantinya akan dilakukan cek medis dari tim Nakes, selanjutnya tim Nakes yang akan menenentukan keputusan divaksin ataupun tidak divaksin dari tim vaksinator Nakes, jadi langkah terbaiknya jangan menggunakan asumsi pribadi dalam memutuskan untuk divaksin atau tidak vaksin.

Kewajiban kami sebagai pemerintah Desa adalah memberi fasilitas seluas luasnya atas kemudahan kegiatan program vaksinasi Nasional.

Intruksi dan himbauan yang diberikan oleh Pemerintah, kami tinggal melaksanakan dengan bentuk bertanggung jawab penuh dengan tugas yang diberikan oleh Pemerintahan lintas jenjang. Sukseskan Vaksinasi untuk Kesehatan bersama, pungkas Pak Wahyu.

Selanjutnya Kami dari media Gerbang Indonesia mengambil informasi konfirmasi Perolehan target Cakupan Vaksinasi dari Desa Babakan, Selasa 14 Desember 2021.

Adalah Bapak Kustoni BR. SH. selaku Kepala Desa Babakan, Beliau juga Ketua Simongklang/Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Kecamatan Bodeh. Dengan nada optimis beliau memberikan informasi bahwa sampai dengan hari ini data terbaru berdasarkan hasil rekapitulasi petugas vaksin, yang di kolaborasi juga dari pencatatan pendataan oleh kader penggerak PKK mewakili RT di masing-masing lingkungan, sampai bulan Desember di minggu kedua, Desa Babakan target perolehan Vaksinasi mencapai 69.53%.

Foto: Bapak Kustoni BR. SH. Kepala desa Babakan. Ketua Simongklang/Ketua Paguyuban Kepala Desa sekecamatan Bodeh
Foto: Bapak Kustoni BR. SH. Kepala desa Babakan. Ketua Simongklang/Ketua Paguyuban Kepala Desa sekecamatan Bodeh

Dengan total angka dari 1986 jiwa sasaran wajib vaksin, telah tervaksin 1381 jiwa, dengan demikian mudah mudahan pemberian vaksin pada warga kami bisa tercipta dan terwujudnya kekebalan komunal atau kekebalan komulatif di lingkungan Desa Babakan.

Menyisakan waktu dua minggu sampai dengan akhir tahun 2021, estimasi kami dari pihak Pemdes untuk penambahan perolehan Vaksinasi di Desa Babakan bisa mencapai sampai hitungan 97%.

Baca juga:  Rapat Koordinasi Percepatan Cakupan Vaksinasi di Wilayah Kecamatan Ampel Gading

Kami rasa untuk fix sampai 100% sepertinya itu tidak mungkin, karena ada sebagian juga warga yang melasanakan vaksin di luar daerah, bahkan tadi saya dapat konfirmasi vaksin pertama di Babakan vaksin keduanya di Jambi (diluar kota).

Sesuai dengan estimasi jadwal Vaksinasi Bulan ini, Desa Babakan masih akan ada dua kali kegiatan vaksin. Kita akan maksimalkan kegiatan vaksin ini terutama untuk para lansia, dan vaksin dosis kedua agar semua warga mendapatkan vaksin, sehingga untuk waktu yang akan datang nanti konsentrasi kegiatan masyarakat bisa maksimal dalam menjalani kehidupan secara normal kembali walaupun dalam adaptasi yang baru.

Masyarakat harus kita edukasi secara benar bahwa vaksin ini bisa menambah imun kekebalan tubuh, dan kartu sertifikat vaksin ini nantinya akan menjadi sebuah pelengkap, sebuah dokumen yang nyaris melebihi dari KTP, dengan kartu vaksin nanti masyarakat tidak ada hambatan dan kendala bila ada urusan yang mengharuskan menunjukan kartu vaksin tersebut.

Kami Pemdes Babakan melakukan pola informasi sosialisasi bahwa seiring dengan Program Pemerintah, kalau untuk mendapatkan layanan termasuk juga mengambil bantuan sosial dan lain-lain itu diisyaratkan harus sudah vaksin, sehingga dengan demikian maka masyarakat terbangun termotivasi untuk melakukan Vaksinasi. Awalnya memang kami agak kesulitan menghadapi beberapa kendala di masyarakat terutama di media sosial di masyarakat, terutama untuk anak muda itu yang cenderung kurang peduli akan kegiatan program Vaksinasi ini, tetapi lama-lama mereka juga menyadari setelah kami berikan penjelasan penjelasan.

Sebenarnya untuk perolehan cakupan vaksinasi 69% ini sudah lebih, karena beberapa hari yang lalu kita juga sudah laksanakan vaksin, namun penambahan akumulasinya belum ditambahkan lagi, sementara sampai hari ini masih proses entri data.

Pesan kami dari Pemdes, perihal Kesehatan masyarakat, keselamatan masyarakat, keamanan jiwa masyarakat menjadi prioritas kami, karena ini upaya untuk mencegah sekaligus juga meningkatkan kekebalan komunal, dan bagi warga yang belum vaksin untuk segera bervaksin mengikuti langkah himbauan dan intruksi Pemerintah, agar yang sehat menjadi tetap sehat, dan yang rentan juga menjadi kebal, agar kita semuanya merasa nyaman, pada akhirnya nanti kita akan menjalani kehidupan secara normal kembali seperti sedia kala. Pungkas Pak Kustoni.

Baca juga:  Kabupaten Pemalang Ada Nanas Madu, Udang Vaname dan Lumbung Padi Jawa Tengah

Selanjutnya kami dari media Gerbang Indonesia menuju deda Susukan untuk mengklarifikasi perolehan cakupan vaksin didesa tersebut. Adalah Bapak Irfanuddin selaku Kepala desa Susukan, beliau juga adalah ketua Simongklang/Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Kecamatan Comal, Rabu 15 Desember 2021.

Foto: Bapak Irfannudin kepala desa Susukan, Ketua Simongklang/Ketua Paguyuban Kepala desa sekecamatan Comal
Foto: Bapak Irfannudin kepala desa Susukan, Ketua Simongklang/Ketua Paguyuban Kepala desa sekecamatan Comal

Beliau menjelaskan perolehan cakupan target vaksinasi di Desa Susukan sebagai berikut:
“Sampai dengan terakhir data terbaru yang masuk ke pencatatan tim Pemdes dengan mendata dari tiap RT bertugas berkunjung kerumah-rumah warga, hasilnya pendataan terakhir sudah mencapai perolehan cakupan target vaksinasi sebesar 71,10%.
Dan selanjutnya untuk jadwal kegiatan vaksinasi di Desa Susukan akan dilaksanakan hari Kamis tanggal 16 November 2021, dengan dibantu tenaga kesehatan dari Faskes setempat ada dua personil tim dan juga tim Muspika kecamatan Comal, pelaksanaan kegiatan vaksinasi dilakukan secara door to door dari rumah ke rumah langsung menyambangi warga yang belum tervaksin dan juga memenuhi kewajiban vaksin dosis dua bagi warga yang sudah vaksin dosis satu.

Untuk pendataan warga yang belum vaksin sebagai sasaran penerima vaksin juga sudah di catat dalam agenda pelaksanaan kegiatan. Namun demikian bila ada warga Desa Susukan yang masih punya kesibukan karena alasan beberapa hal, kami juga menginformasikan bahwa pelaksanaan vaksin bagi masyarakat, bisa mendatangi gerai kegiatan vaksinasi di pendopo kecamatan Comal, dipuskesmas faskes terdekat dan juga gedung Serbaguna Kabupaten Pemalang dan juga tempat tempat lainnya yang membuka geray pelaksanaan kegiatan Vaksinasi massal.

Informasi ini kita sampaikan untuk menyamakan Presepsi dengan target cakupan Vaksin yang di harapkan dari Pemerintah Kabupaten Pemalang. Pesan kami bagi warga masyarakat, tentang program vaksinasi ini adalah skala nasional, program dari Presiden Jokowi, untuk membentuk herd immunity di masa pandemi covid 19 ini, jadi untuk menghambat laju penyebaran virus korona. Harapannya agar semua elemen dan juga lapisan warga masyarakat desa Susukan dan pada umum masyarakat di Kabupaten Pemalang agar mendukung penuh dan mensukseskan program Vaksinasi Nasional ini. Sallam sehat buat Semua masyarakat. Laksanakan vaksin, Menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Pungkas Pak Irfan dalam wawancara singkat kami dengan Media Gerbang Indonesia. (Eko B Art)

Check Also

Video Ceramahnya Viral, Ini Profil Penghulu Asal Malang KH Anas Fauzie

Video Ceramahnya Viral, Ini Profil Penghulu Asal Malang KH Anas Fauzie

gerbangindonesia.com Sebuah video yang diunggah seorang kepala sekolah memberikan ceramah pernikahan menjadi viral di media …