Breaking News

Perolehan Cakupan Vaksinasi Minggu Pertama Bulan Desember di Desa Muncang

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia – Desa terdekat dengan Kantor Kecamatan Bodeh adalah Desa Muncang, Desa ini berada di lintasan Desa Kelang Depok dan Desa Bodeh.

Kami dari Media Gerbang Indonesia kali ini menemui Bapak Boni selaku Kepala Desa Muncang Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang, Sabtu 04 Desember 2021.

Foto: Boni Kepala Desa Muncang, Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang
Foto: Boni Kepala Desa Muncang, Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang

Beliau menginformasikan bahwa,” Perolehan data akumulasi Vaksinasi di Desa Muncang sampai dengan akhir November 2021, dengan perhitungan kalkulasi dari jumlah penduduk wajib vaksin (usia 12 tahun s/d 60 tahun) Desa Muncang Kecamatan Bodeh itu ada 5773 jiwa.

Keterangan foto: Tim pendamping kegiatan vaksin dari Kodim Kabupaten Pemalang
Keterangan foto: Tim pendamping kegiatan vaksin dari Kodim Kabupaten Pemalang

Perhitungan dari bulan Januari sampai akhir November yang sudah di vaksin pada estimasi kisaran angka target cakupan vaksin 74%, walaupun didata Puskesmas baru 43%.

Data validasi pembaruan itu berdasarkan pencatatan dari tim penggerak PKK dengan mendata ke masing-masing rumah Warga, dengan mengambil informasi langsung dari Warga ternyata data Warga yang sudah vaksin di luar Desa bahkan di luar Kota itu menjadi tambahan catatan data cakupan Vaksinasi di Desa Muncang.

Jadi manakala data itu hanya diambil yang notabene itu data perolehan vaksin yang ada di Balai Desa, ya memang baru 43% cakupan target vaksin, akan tetapi sesungguhnya di masing-masing Gom/Dusun di Desa Muncang dengan pendataan akumulasi langsung setelah didata oleh PKK itu sudah 74% dari jumlah penduduk yang tervaksin.

Hal validasi data ini menjadi penting, kenapa beberapa Desa terkadang menjadi sorotan akan kecilnya perolehan vaksin dan sebagainya.

Pastinya pendataan dari Faskes Puskesmas melihat dan mendata dari kegiatan yang dilakukannya sesuai dengan pelaksanaan dan pelayanan di setiap Desa manapun pada saat kegiatan vaksin berlangsung.

Kami dari Pihak Pemdes tentu selalu menyamakan persepsi dengan adanya himbauan “Sukseskan Target Vaksinasi 70% Kabupaten Pemalang”, dengan acuan angka target tersebut, kami sebagai Pemerintah Desa memberikan tugas-tugas kepada Ibu-ibu PKK mendata masing-masing dengan melibatkan Tim Gugus Tugas Satgas covid-19 Desa untuk door to door, datang ke setiap rumah sehingga ketika dilakukan perhitungan jumlah akumulasi data vaksin di Desa Muncang ternyata sudah mencapai cakupan target vaksin 74%.

Dan untuk sisa waktu sampai akhir tahun, kami dari Pemdes Muncang optimis akan ada penambahan signifikan mudah-mudahan bisa menambah cakupan vaksin sampai dengan 10%, agar total capaian target vaksin di Desa Muncang sampai pada angka 84%.

Kedepannya harapan kami dari Pemdes agar ada upaya bersama mensukseskan program Vaksinasi ini agar bisa berhasil sesuai harapan dari Pemerintah Pusat, oleh sebab itu mohon kerjasamanya dari semua pihak dan seluruh elemen Warga Masyarakat Desa Muncang, agar setiap kali pertemuan temuan di tingkat RT dan tingkat RW atau dalam acara pengajian Taklim, agar informasi kegiatan vaksin ini, bisa terus disampaikan dan diinformasikan agar semua Warga Masyarakat bisa melaksanakan Vaksinasi. Pungkas Pak Boni.

Selanjut kami juga Meminta keterangan dari tim Nakes di Balai Desa yang sedang melaksanakan kegiatan Vaksin dengan Tim Kodim Kabupaten Pemalang, Sabtu 04 Desember 2021.

Adalah Ibu Rohimah Amd.kep selaku bagian dari tim pelaksana vaksinator.

Foto: Rohimah, AMD.kepbTim Vaksinatot
Foto: Rohimah, AMD.kepbTim Vaksinatot

Ibu Rohimah menjelaskan bahwa: “Kegiatan vaksin hari ini di Balai Desa Muncang dengan kuota yang kami sediakan adalah:

1.Astrazeneca tersedia 100 kuota dengan sasaran dosis satu.
2. Pfzier 150 kuota untuk dosis satu dan Dua.
3. Sinovac 50 kuota dosis satu dan 50 kuota untuk dosis dua.

Pelayanan pendaftaran kita tunggu sampai dengan jam13:00 siang ini, dan selanjutnya untuk pelayanan kita laksanakan sampai selesai.

Artinya dengan kuota vaksin yang kami sediakan, kami siap memberikan pelayanan vaksin dosis satu dan dosis dua dengan besaran total sampai dengan 350 kuota. Pungkas Bu Rohimah dalam wawancara singkat dengan Media Gerbang Indonesia. (Eko B Art)

About GI

Check Also

WWW Xnxubd 2021 Nvidia Drivers Video Bokeh Full Update 2022

update WWW Xnxubd 2021 Nvidia Drivers Video Bokeh Full Update 2022

gerbangindonesia.com– update WWW Xnxubd 2021 Nvidia Drivers Video Bokeh Full Update 2022. Dibawah ini adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.