Breaking News

Tak Paham QRIS? Begini Penjelasan dan Cara Pakainya

Tak Paham QRIS Begini Penjelasan dan Cara Pakainya

gerbangindonesia.com – Tak Paham QRIS? Begini Penjelasan dan Cara Pakainya, Itu adalah istilah yang biasa kita dengar saat ingin melakukan pembayaran, melalui kode QR. Saat ini, ada banyak cara untuk membayar melalui QRIS, terutama di kota-kota besar. Jadi apa itu QRIS?
Dikutip dari situs resmi Bank Indonesia, Standar Kode Respon Cepat Indonesia yang disingkat QRIS adalah penyatuan berbagai jenis QR dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP), dengan menggunakan satu kode QR.

QRIS adalah kode QR standar yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. Fungsi QRIS adalah untuk mempermudah proses transaksi dengan kode QR agar lebih cepat dan aman. Semua PJSP yang akan menggunakan QR code, pembayarannya harus menggunakan QRIS.

Tujuan QRIS adalah untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran nontunai di wilayah Indonesia. berikut Cara Menggunakan QRIS Agar Usaha Juragan Makin Untung

Batas transaksi QRIS

Limit nominal transaksi QRIS maksimal Rp 10 juta per transaksi. Penerbit dapat menetapkan batas nominal kumulatif transaksi harian atau bulanan berdasarkan transaksi QRIS yang dilakukan oleh setiap pengguna QRIS. Hal ini dapat diatur sesuai dengan manajemen risiko emiten.

Keunggulan QRIS

Manfaat QRIS bagi pengguna aplikasi pembayaran:

  • Pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, karena Anda hanya perlu memindai QR.
  • Tidak perlu lagi membawa uang tunai.
  • Tidak perlu memikirkan siapa yang memasang QR.
  • Transaksi akan terlindungi, karena semua PJSP yang mengelola QRIS secara permanen diotorisasi dan diawasi oleh BI.

Manfaat QRIS untuk individu atau kelompok pemasok (merchant):

  • Kemungkinan untuk meningkatkan penjualan.
    Meningkatkan merek.
  • Pembayaran lebih up-to-date dan nyaman, karena Anda hanya perlu menggunakan QRIS.
  • Kurangi biaya pengelolaan kas Anda.
  • Anda dapat menghindari membayar uang palsu.
  • Tidak perlu memberi perubahan. Transaksi akan tercatat secara
  • otomatis dan dapat dilihat setiap saat.
  • Pisahkan uang bisnis dan pribadi.
  • Ini memfasilitasi rekonsiliasi dan memiliki potensi untuk mencegahpenipuan dalam akuntansi transaksi tunai.
  • Buat informasi profil kredit, untuk memudahkan memperoleh kredit di kemudian hari.

Metode pembayaran melalui QRIS

Metode pembayaran melalui QRIS, konsumen dapat memilih dan mengunduh aplikasi pembayaran yang terpasang di ponsel mereka. Selanjutnya, konsumen perlu mendaftar ke salah satu PJSP.

Jangan lupa, pastikan ada saldo untuk bertransaksi. Melalui aplikasi, konsumen dapat memindai QRIS di merchant, memasukkan jumlah transaksi, mengotorisasi transaksi dan kemudian mengkonfirmasi pembayaran ke pemasok barang atau jasa.

Menurut informasi yang diperoleh dari BI, cara penggunaan pembayaran QRIS adalah sebagai berikut:

Mode yang dihadirkan oleh trader (MPM) Statis

Merchant hanya perlu menunjukkan print QRIS. Selanjutnya pengguna hanya memindai, lalu memasukkan nominal, PIN dan klik untuk membayar transaksi. Selanjutnya, notifikasi transaksi akan langsung diterima oleh pengguna dan merchant. QRIS MPM Statis cocok untuk usaha mikro dan kecil.

Merchant Presented Dynamic Mode (MPM)

QR akan dipancarkan melalui perangkat seperti mesin EDC atau smartphone. Ini dapat dilakukan secara gratis. Merchant harus memasukkan jumlah pembayaran terlebih dahulu, kemudian pelanggan dapat memindai QRIS. QRIS MPM dinamis ini cocok untuk merchant menengah hingga besar atau yang memiliki volume transaksi tinggi.

Metode yang disajikan oleh pelanggan (CPM)

BPS ini masih diuji. Pelanggan kemudian cukup menunjukkan QRIS yang ditampilkan di aplikasi pembayaran pelanggan untuk dipindai oleh pedagang. QRIS CPM lebih ditujukan untuk merchant yang membutuhkan kecepatan transaksi cepat, seperti transportasi, parkir, dan vendor ritel modern.

Demikian penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan QRIS, lengkap dengan manfaat dan cara pembayaran melalui QRIS. Setelah membaca artikel di atas, Anda tidak lagi bingung, apa itu QRIS?

About Banyu Bamantara

Check Also

Ketahuilah 6 Tips Cara Diet Tanpa Perlu Olahraga yang Terbukti Turunkan Berat Badan

Ketahuilah 6 Tips Cara Diet Tanpa Perlu Olahraga yang Terbukti Turunkan Berat Badan

gerbangindonesia.com– Hallo sobat teknobosku dimanapun kalian berada berjumpa lagi dengan admin yang tak bosan-bosan menyajikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

(popunpr)