Breaking News

Warga Marelan Menyerbu Lapangan Futsal Untuk Vaksinasi Massal

Reporter: Rudi Hartono

Medan | Gerbang Indonesia – Warga kembali menyerbu lapangan Indra Futsal, jalan Marelan VI pasar 2 Timur, lingkungan 24, Medan Marelan. Warga berbondong-bondong memasuki lapangan futsal untuk vaksinasi massal. Vaksinasi massal ini bekerjasama dengan Badan Intelejen Nasional (BIN), Pihak Kelurahan Rengas Pulau, Babinsa Marelan, Polsek Medan Labuhan (Simpang Kantor), Puskesmas Titipapan, Rengas Pulau, Sicanang, Medan Deli, Belawan dan Terjun.

Koordinator pelaksana BIN, Mayor CTP. Ricky Syah Reza, ST, MH, menuturkan ; “Pelaksanaan vaksinasi ini bertujuan untuk “Herd Immunity” (Kekebalan tubuh), mengingat wilayah kecamatan Medan Marelan termasuk salah satu kecamatan terbesar di kota Medan. Pelaksanaan vaksinasi ini bebas untuk warga Marelan baik vaksin I dan vaksin II, jadi dihimbau untuk seluruh masyarakat warga Marelan untuk berbondong-bondong melakukan vaksinasi hari ini. Vaksinasi ini untuk semua umur mulai dari umur 12 tahun sampai lansia, jadi diharapkan semua pihak ikut menyukseskan vaksinasi ini”, ujarnya.

Baca juga:  Perolehan Cakupan Vaksinasi Minggu Pertama Bulan Desember di Desa Muncang

Tampak warga berdatangan memenuhi lapangan futsal. Para kepala lingkungan Sekelurahan Rengas Pulau di bantu P3SU (Petugas Pelaksana Pemelihara Sarana Umum) dari Kecamatan Medan Marelan. Para Kepling Rengas Pulau menjadi panitia pelaksana dalam hal pencatatan pendaftaran warga yang ingin melakukan vaksinasi.

Tidak ketinggalan Pak Lurah Rengas Pulau, Bapak Catur Muhammad Sarjono, SH, MKn, yang turut hadir mengkoordinir para Kepling dan sebagai tuan rumah pelaksana.

Ada hal yang istimewa tentang pelaksanaan vaksinasi ini, orang nomor 1 di kelurahan Rengas Pulau ini, dari kemarin sore turun langsung ke lapangan memantau persiapan dan ikut mengarahkan para Kepling dan petugas P3SU. Bahkan sampai menjelang Maghrib, agar pelaksanaan vaksinasi ini berjalan lancar.

Baca juga:  Koramil 03/IDG dan Polsek Idanogawo Lakukan Dor To Dor Jemput Warga Untuk Vaksinasi Massal

Tampak di lokasi terdapat 7 tempat vaksin. Masing masing terdiri dari beberapa puskesmas di seputaran Medan Marelan. Dan ada satu tempat yang diperuntukkan khusus untuk BIN. Masing-masing tempat terjadi aktivas petugas medis yang terdiri dari dokter, vaksinator, bidan dan perawat. Jenis vaksin yang tersedia adalah Sinovak berjumlah 1.500 pcs.

Warga yang mendaftar berada di samping lapangan dan tersedia tenda dan tempat duduk. Selanjutnya diarahkan petugas BIN ke tempat-tempat yang ditentukan untuk vaksinasi. Ratusan warga sudah terlayani Sampai jam 09.35 wib. Setiap peserta vaksin mendapatkan buah tangan berupa 3 bungkus mie instan untuk di bawa pulang. Hilir mudik peserta mudik saling bergantian masuk dan keluar lapangan. Vaksin kali ini diperuntukkan untuk “Herd Immunity” yang telah ditetapkan pemerintah mengatasi virus Covid-19.

Baca juga:  Gas Poll Vaksinasi Desa Kebojongan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang

Sampai saat ini kota Medan masih 0 % kasus Covid-19. Dalam kurun waktu 2 bulan ini, stok vaksin di setiap kelurahan Marelan, baik vaksin 1 dan vaksin 2 mengalami peningkatan dari biasanya. Bahkan cendrung stoknya lebih banyak dari sebelum sebelumnya. Sayangnya tidak dibarengi animo masyarakat. Merry, vaksinator puskesmas Rengas Pulau berujar, “Memang belakangan ini yang mau vaksin mengalami penurunan, tapi bukan berarti animo masyarakat menurun, tetapi lebih disebabkan bahwa warga sudah banyak melakukan vaksinasi”.

Sampai berita ini diturunkan, aktivitas vaksinasi masih berlangsung. Warga masih hilir mudik bergantian memasuki lapangan untuk vaksin. Kuota yang diberikan bervariasi setiap tempat vaksin. Range-nya antara 200-250 untuk tiap tempat vaksin. Masing-masing meja mempunyai 5-6 petugas medis melayani para warga yang ingin vaksin. (Rudi Hartono)

Check Also

Video Ceramahnya Viral, Ini Profil Penghulu Asal Malang KH Anas Fauzie

Video Ceramahnya Viral, Ini Profil Penghulu Asal Malang KH Anas Fauzie

gerbangindonesia.com Sebuah video yang diunggah seorang kepala sekolah memberikan ceramah pernikahan menjadi viral di media …