Breaking News

Wujudkan Mimpi Masyarakat Dusun 6 Sublele, Ini Yang dikerjakan Danramil 1604-02/ Camplong Bersama Anggotanya

Reporter: Arifin

Kupang | Gerbang Indonesia – Kondisi jalan yang dilalui untuk sampai ke lokasi Peresmian Pompa Hidram yang terletak di Dusun 6 Sublele Desa Silu, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, cukup menguras energi dengan melalui curamnya jurang dan tingginya tanjakan bukit, terjal berbatu tak ada sentuhan aspal sehingga dimusim hujan seperti ini akan menjadi jalan berlumpur. Namun dengan bermodalkan semangat untuk membantu meringankan beban masyarakat, serta mewujudkan mimpi mengalirnya pasokan air ke semua warga di kawasan yang cukup jauh dari Kota ini,(26/11/2021).

keterangan, foto: Pabung, bersama Danramil serta tokoh masyarakat meninjau langsung lokasi pompa di sumber air
keterangan, foto: Pabung, bersama Danramil serta tokoh masyarakat meninjau langsung lokasi pompa di sumber air

Pada peresmian kali ini dalam sambutannya, Pabung Letkol Inf. Pranada Napitupulu, mengajak semua masyarakat disekitar lokasi pompa Hidram untuk lebih bisa giat lagi dalam mengolah potensi sumber daya alam yang dimiliki, ditambah lagi setelah kesulitan untuk mengambil air yang selama ini menjadi permasalahan bisa teratasi. ” Kami dari TNI memang selalu berpikir dan berupaya untuk bisa membantu kesulitan masyarakat, terutama didaerah yang sulit dijangkau seperti ini, karena dalam ilmu strategi militer jika nanti ada perang lalu kita terdesak oleh musuh, maka taktik perang gerilya yang akan kita pakai, jadi ya dihutan hutan seperti ini kita bertahan serta munyusun kekuatan, karena itu air merupakan salah satu kebutuhan untuk kita tetap bisa bertahan ” Ungkap Perwira yang dikenal santun dan murah senyum namun sangat tegas ini.

Tim media GI juga menemui Danramil 1604 – 02/ Camplong,Lettu Arh, Satria Jaya, selaku penanggung jawab wilayah. Menurut Danramil apa yang saat ini dilaksanakan oleh pihaknya yaitu Para personil dari Koramil 1604 – 02/ Camplong, adalah sebuah amanah dari Pangdam IX/ Udayana, Mayjen TNI. Maruli Simanjuntak, yaitu merealisasikan proyek pembangunan pompa hidram. Bagi masyarakat yang selama ini merindukan kehadiran air bersih, serta merupakan bukti bahwa TNI hadir ditengah kesulitan yang dihadapi oleh rakyat.

keterangan, foto: Meresmikan Penggunaan 4 unit MCK untuk masyarakat Dusun 6 Sublele
keterangan, foto: Meresmikan Penggunaan 4 unit MCK untuk masyarakat Dusun 6 Sublele

” Karena bagi kami TNI itu tugas menjaga kedaulatan NKRI itu sudah pasti, menjaga Stabilitas keamanan Negara itu harga mati, nah ini juga merupakan bagian dari itu, secara tidak langsung kita bantu kesulitan masyarakat sudah termasuk salah satu bentuk dalam menjaga Stabilitas keamanan Negara, bayangkan kalau sampai kesulitan masyarakat ini kita abaikan lalu terjadi krisis air disini bisa berdampak pada tidak stabilnya situasi Kamtibmas kan kasian masyarakat ” Ungkap Perwira selalu hadir paling depan dalam setiap kegiatan di Lapangan ini.

Selanjutnya menurut penuturan kepala dusun 6 desa Silu, Usias Ton, dirinya mengaku sangat berterimakasih oleh karena dengan adanya pompa Hidram ini masyarakat tidak perlu lagi ambil air dengan berjalan kaki sejauh puluhan kilo meter ke sumber air.

” Kami berterima kasih kepada Pak tentara yang sudah membangun pompa Hidram ini untuk kami manfaatkan, tidak ada lagi yang bisa kami ucap selain terimakasih dan kami bahagia sekali” Ucap sang kepala dusun dengan rona kebahagiaan terpancar dri raut wajahnya yang mulai dihiasi kerutan menandakan umurnya sudah tak muda lagi.

Kegiatan yang dihadiri oleh : Pabung Letkol inf. Pranada Napitupulu, Danramil 1604-02/ Camplong, Lettu Arh, Satria Jaya, Camat Fatuleu Roni M. Na’atonis, ST, MT, Sekcam Hendra Mooy, S.STP.

keterangan, foto: Disaksikan Pabung bersama Danramil 1604 - 02/ Camplong serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama, Camat Fatuleu, Roni membuka kran ai
keterangan, foto: Disaksikan Pabung bersama Danramil 1604 – 02/ Camplong serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama, Camat Fatuleu, Roni membuka kran ai

Kepala Desa Silu, tokoh masyarakat,tokoh agama dan puluhan warga sekitar ini, juga sekaligus meresmikan penggunaan pembangunan sarana bangunan 4 unit MCK yang diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. ( Arifin )

About GI

Check Also

Types of Mesothelioma Lawsuits

01. Lawsuit Options Types of Mesothelioma Lawsuits There are two main types of asbestos proceedings. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.